Wednesday, March 28, 2007

Vision: Human Scale City


Photo: Author di sebuah taman pinggir pantai kota Opatija, Croatia.
Apa yang dimaksud dengan ´Human Scale City´?
Artian berdasarkan hasil fikiran ´intuitive´ saya (tanpa berdasarkan text teori dan text buku) adalah sebuah tempat tinggal yang tidak saja membuat warganya sendiri merasa nyaman dan tentram untuk hidup, berkeluarga, berorganisasi, beraktifitas, berkreasi dan rekreasi, serta berprofesi. Tetapi juga sekaligus adalah sebuah tempat yang membuat warga dari kota, wilayah bahkan warga dari Negara lain merasakan hal sama yang dirasakan oleh warga lokal.
Illustrasi Singkat
Dalam suatu kesempatan di musim panas tahun 2006, saya sempat mengunjungi sebuah kota yang terletak di bagian Selatan Croatia, yakni Opatija.
Kota tersebut, yang terletak di bibir pantai lautan Adriatic, adalah salah satu tujuan berlibur warga Croatia, khususnya bagi para pensiunan. Meskipun -oleh warga Croatia- bahwa Opatija adalah tempat berlibur bagi para Pensiunan, namun ternyata tidak sedikit pengunjung yang berusia muda. Bahkan juga banyak mengundang traveler dan turis dari negara negara lain, terutama dari negara-negara Eropa, sendiri.
Yang mengangumkan bagi saya dalam kesempatan tersebut adalah ketika menuju bibir pantai yang -selain- dikelilingi oleh dedaunan dan bunga-bungaan (lihat gambar) juga pantai dan taman tersebut dibatasi oleh sebuah ´hutan´. ´Hutan´ tersebut terletak di tengah-tengah kota, dimana terdapat beberapa bangku untuk -antara lain- membaca.
Bagian yang ´mengagumkan´ seperti yang saya maksud dalam paragraf di atas adalah, jika Anda duduk istirahat, membaca -atau bahkan tertidur- di bangku-bangku tersebut, Anda tak akan menyadari bahwa Anda sedang berada di tengah-tengah kota tujuan wisata berbagai Negara.
Untuk membahas lebih jauh mengenai ˝Human Scale City˝ secara lebih terurai dan sistematis, kita mencoba mulai dengan pertanyaan: Apa itu Kota?
Bersambung...

No comments: